10 Langkah Mencegah Kanker

 

10 LANGKAH

MENCEGAH KANKER

 

1. MENJAGA BERAT BADAN SEHAT

Penelitian menunjukkan bahwa berat badan berlebih yang ditandai dengan peningkatan indeks massa tubuh (IMT) dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker

 

2. MENGONSUMSI BUAH, SAYURAN DAN SEREALIA

Konsumsi makanan tinggi serat yang berasal dari serealia , sayuran dan buah- buahan dapat mencegah obesitas, dan menurunkan risiko kanker usus

 

3. BERGERAK AKTIF  

Rutin melakukan aktifitas dan latihan fisik dapat menurunkan risiko kanker hingga 20-35%

 

4. BATASI        KONSUMSI MINUMAN MANIS  

Konsumsi minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi atau pemanis buatan secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas sehingga meningkatkan risiko terjadinya kanker

 

5. BATASI KONSUMSI DAGING MERAH 

Konsumsi daging merah 100 gram/hari dan olahan daging merah 50 gram /hari meningkatkan risiko terjadinya kanker usus

 

6. HINDARI KONSUMSI ALKOHOL  

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker

 

7. KONSUMSI SUPLEMEN SESUAI INDIKASI  

Tidak dianjurkan mengonsumsi vitamin/suplemen tertentu untuk mencegah kanker. kebutuhan vitamin dan mineral dapat dicukupi dari asupan makanan yang sehat

 

8. BATASI KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI 

Konsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas atau berat badan berlebih yang secara langsung meningkatkan risiko terjadinya kanker

9. MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF 

Menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita

 

10. MENGHINDARI ROKOK DAN SINAR MATAHARI 

Menghindari paparan terhadap asap rokok serta sinar matahari yang berlebihan dapat menurunkan risiko kanker

 

dr. Ummul Chair, Sp.Gk

Dokter Spesialis Gizi

 

 

 



Penulis : dr. UMMUL CHAIR, Sp.Gk

Prestasi, dukungan dan Partner RSUD BATARA GURU